[REVIEW] Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum, Skincare Hits Paling Viral di TikTok!

6:46:00 AM

Halo! Di postingan sebelumnya aku sempat bahas dan review tentang produk dari Axis Y yaitu Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack. Selain masker mugwortnya yang hits itu, Axis Y juga punya satu produk lain yang nggak kalah viral yaitu Dark Spot Correcting Glow Serum.

Kedua produk viral dari Axis Y ini banyak banget yang ngerave dan katanya memang bagus banget untuk mengatasi noda bekas jerawat. Kebetulan banget saat ini aku lagi punya masalah noda bekas jerawat yang udah berbulan-bulan nggak ilang-ilang.

Jadi ceritanya memang kulit aku ini awalnya cenderung normal dan jarang banget jerawatan. Nggak cuma itu, kalau misalnya ada jerawat pun sembuhnya cepet sekitar beberapa hari aja dan bekasnya pun cepet ilang nggak pake lama-lama.

Baca Juga: Review Axis Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

Sayangnya belakangan ini kulit aku lagi agak sensitif. Selain itu jerawat juga jadi betah lama-lama di muka aku, begitupun noda bekasnya. Aku curiga sih ada sesuatu yang nggak beres sama skin barrier aku, atau mungkin juga pengaruh hormon karena aku masih menyusui.

Anyway, akhirnya aku cobain juga Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum selama 2 minggu. Apakah serum hits ini mampu mengatasi masalah noda jerawat membandel yang aku alami? Berikut adalah reviewnya.

Review Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum

Packaging

 

Pertama bahas kemasannya dulu ya. Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum ini punya box yang serupa dengan produk masker mugwortnya yang sudah pernah aku bahas sebelumnya. Dengan color image kuning gading dan aksen hijau, design produk ini terkesan rapi terutama dengan penggunaan font dan tipografinya.

Sama seperti masker mugwortnya, pada box Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum ini juga tertera product information dengan bahasa Inggris. Pada bagian depan tertulis 3 key ingredient dari serum ini yaitu Niacinamide 5%, Squalane, dan Hippophae Rhamnoides Plant Extract.


Lanjut ke packagingnya, Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum ini dikemas dalam tube yang dilengkapi dengan pump untuk mengeluarkan produknya. Untuk melindungi pumpnya juga disertakan tutup plastik bening yang cukup kokoh dan tebal.

Berdasarkan keterangan pada kemasannya, Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum ini memiliki netto 50gr, cukup banyak untuk sebuah serum.

Ingredients

Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum Ingredient List - Water, Glycerin, Niacinamide, Sodium Hyaluronate, Propanediol, Erythritol, Butylene Glycol, Squalane, Oryza Sativa (Rice) Bran Extract, Calendula Officinalis Flower Extract, Carica Papaya (Papaya) Fruit Extract, Hippophae Rhamnoides Fruit Extract, Malpighia Emarginata (Acerola) Fruit Extract, Polyglyceryl-10 Laurate, Chlorphenesin, Arginine, Ethylhexylglycerin, Carbomer, Glutathione, 1,2-Hexanediol, Hydroxypropyl Cyclodextrin, Disodium EDTA, Hydroxyethylcellulose, Allantoin, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil.

Menurut klaimnya, Activated Niacinamide yang terkandung dalam produk ini dapat membantu mengoreksi noda hitam pada kulit sekaligus mencerahkannya. Sementara kandungan Squalanenya dapat mengunci kelembapan kulit dan membuatnya tampak glowing.

Setelah aku cek menggunakan Skincarisma Ingredient Analyzer, produk ini termasuk dalam kategori minimal ingredients, yakni mengandung kurang dari 15 jenis bahan saja. Produk dengan minimal ingredients ini cocok untuk mereka yang punya kulit sensitif karena meminimalisir risiko iritasi dari bahan-bahan yang berbeda.

Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum juga memiliki 100% EWG Health Rating dimana keseluruhan komposisinya dinilai rendah risiko iritasi.

Kita bahas mengenai tiga key ingredientsnya ya.

Source: INCIdecoder

Pertama, Niacinamide. Mengutip dari Healthline, Niacinamide adalah bentuk dari Vitamin B-3 yang merupakan nutrisi penting bagi kulit. Niacinamide bekerja melindungi kulit dengan menumbuhkan penghalang ceramide (lipid barrier) yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembapannya.

Tak hanya itu, Niacinamide juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dengan 'membangun' kembali sel-sel kulit yang sehat dan melindunginya dari sinar ultraviolet. Niacinamide pun merupakan zat yang berperan dalam peningkatan produksi kolagen.

Menurut penelitian, Niacinamide dengan konsentrasi 5 persen dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi atau noda hitam pada kulit. Manfaatnya sendiri bisa terlihat dalam jangka waktu sekitar 4 minggu, namun tak lebih dari dua bulan.

Namun jika kamu memiliki kulit sensitif, ada baiknya untuk menggunakan Niacinamide dalam kadar yang lebih rendah misalnya 2%. Dalam konsentrasi rendah saja, Niacinamide sudah bekerja dengan baik meringankan gejala eksim dan kondisi serupa lainnya.

Buah zaitun jadi salah satu sumber Squalane. Source: Dermstore

Kedua, Squalane. Tahukah kamu bahwa Squalane dan Squalene adalah dua jenis bahan yang berbeda? Jadi Squalene (dengan E) adalah lipid atau minyak alami yang diproduksi oleh sel-sel kulit kita sendiri. Tetapi, jumlah Squalene yang dapat kita produksi akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Squalene dapat diekstrak dari tumbuh-tumbuhan, contohnya buah zaitun, dedak padi, dan tebu. Ada pula yang berasal dari hewan contohnya dari hati hiu.

Untuk dapat 'dimasukkan' dalam kandungan produk skincare, Squalene harus dihidrogenasi terlebih dahulu agar lebih stabil jika terkena oksigen dan memperpanjang umur simpannyan.

Proses hidrogenasi Squalene mengubahnya dari bentuk minyak tak jenuh menjadi minyak jenuh. Nah, minyak jenuh dari Squalene inilah yang kemudian disebut sebagai Squalane.

Meskipun berbentuk minyak, Squalane sangat ringan dan termasuk dalam kategori noncomedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Squalane bekerja menembus pori-pori dan memperbaiki sel kulit. Kandungan senyawa anti inflamasi di dalamnya dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakkan pada kulit.

Source: WSI Magazine

Ketiga, Hippophae Rhamnoides adalah nama ilmiah dari tumbuhan Sea Buckthorn. Tanaman ini berupa semak kecil yang umumnya ditemukan di dataran tinggi wilayah Himalaya.

Sea Buckthorn mengandung berbagai vitamin dan mineral. Penggunaan produk skincare yang mengandung Sea Buckthorn secara topikal menurut penelitian dapat merangsang regenerasi kulit dan membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Hal ini dikarenakan Sea Buckthorn juga mengandung kandungan lemak Omega-7 dan Omega-3.

Texture & Fragrance

Udah pusing ngomongin ingredients, sekarang kita ngomongin yang ringan-ringan aja deh. Next, kita bahas tentang teksturnya Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum dulu.

Menurut aku, tekstur dari serum ini cukup ringan ya untuk ukuran serum. Meskipun nggak yang runny banget, serum dari Axis Y ini bisa dioleskan ke seluruh wajah dengan mudah. Biasanya aku pakai 2 pump untuk seluruh wajah dan juga leher. Oh iya, produk ini bisa juga digunakan sebagai spot treatment untuk bagian wajah tertentu sehingga bisa lebih hemat.

Kalau diperhatikan, warnanya sendiri agak putih. Produk ini sendiri ada wanginya yang sangat subtle, yaitu aroma herbs gitu kalau aku coba deskripsiin ya.

Verdict

Kalian bisa lihat hasil penggunaan Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum ini setelah 2 kurang lebih aku pakai selama 2 minggu. Selama beberapa kali aku pakai untuk seluruh wajah, dan beberapa kali lainnya aku gunakan sebagai spot treatment.

Masalah kulit yang ingin aku atasi dengan penggunaan serum ini sebenarnya bagian kemerahan noda bekas jerawat di atas alis yang nggak ilang-ilang. Tapi seperti bisa kalian lihat, bedanya nggak terlalu kelihatan banget. Menurut aku sih memang ada perubahan, tapi nggak yang langsung jreng 2 minggu ilang gitu. Perbaikannya tuh cukup slow, sepertinya harus aku coba beberapa minggu ke depan.

Oh iya, selama penggunaan produk ini aku merasa kulit aku jadi lebih lembap. Sepengalaman aku Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum ini bisa juga dijadikan hydrating serum karena cukup melembapkan juga.

Lalu bagaimana dengan skintone secara keseluruhan, apakah mencerahkan? Menurut aku sih nggak terlalu kelihatan juga bedanya. Di foto di atas ada perbedaan lighting juga, tapi kalau yang aku rasakan sih nggak terlalu juga.

Overall, Axis Y Dark Spot Correcting Glow Serum ini menurut aku adalah serum yang cocok untuk dipakai di  semua jenis kulit, termasuk kulit kering karena ia dapat memberikan kelembapan ekstra di kulit aku.

Aku juga nggak mengalami reaksi negatif apapun seperti purging or breakout. Kulit aku yang memang lagi sensitif juga nggak merasa apa-apa.

Klaimnya untuk mencerahkan dan memperbaiki noda hitam menurut aku juga terbukti, namun perlu waktu lama di atas 2 minggu supaya hasilnya bisa terlihat lebih optimal. Nanti bakal aku update lagi ya kalau sudah habis 1 tube.

Kalau kamu cari serum yang mild, nggak wangi semerbak, dan aman untuk kulit sensitif, aku rekomendasiin produk ini. Jadi kamu sudah coba belum serum yang hits di TikTok ini? Komen di bawah, ya.

Get to know more about Axis Y Indonesia



This is a sponsored post. Axis Y Indonesia send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


You Might Also Like

3 komentar

  1. Aku juga sempat pakai ini 2 tahun lalu kak, emang cakep buat mudarin bekas jerawat. Tapi kalo dipake semuka bikin jidat bruntusan huhuhu.

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak review lengkapnya. Ternyata yg lg viral beneran bagus ya & hasilnya nyata

    ReplyDelete
  3. Produk Axis yang ini baru mau nyobain, semoga cocok juga diaku

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)