[GIRL TALK] Cashless Semakin Mudah dengan Top Up GoPay!

11:38:00 PM



Sebagai ibu rumah tangga, aku harus menerapkan financial planning yang baik untuk keluarga. Untungnya jaman sekarang teknologi sudah semakin canggih dan memudahkan kita untuk mengatur keuangan, salah satunya dengan cara Cashless.

Apa itu Cashless?

Secara harafiah, cashless artinya tanpa uang tunai.
Singkatnya sih, aku meminimalisir penggunaan uang dalam bentuk fisik dan menggantinya dengan uang digital. Jadi aku jarang banget bepergian membawa-bawa uang tunai dalam jumlah banyak di dalam dompet. Kalaupun ada hanya sedikit saja untuk dana darurat untuk urusan-urusan tertentu yang pembayarannya nggak bisa cashless.

Jika dibandingkan dengan menggunakan uang tunai secara konvensional, aku menemukan cashless jauh lebih praktis dan mudah. Selain itu cashflow-nya bisa terpantau dengan baik dan juga bisa diatur dengan lebih mudah. Contohnya aku bisa membuat anggaran untuk makan siang selama sebulan dalam jumlah tertentu yang dananya sudah dianggarkan sebelumnya.
Dengan metode cashless ini juga, nggak ada lagi cerita uang habis di dompet nggak tahu buat apaan. Iya nggak?

Sebagai blogger, nggak jarang aku harus menghadiri event blogger, baik blogger gathering atau product launching. Domisili aku sendiri di kabupaten dan nggak punya kendaraan pribadi, sedangkan biasanya event blogger diadakan di pusat kota dan aku harus menempuh jarak yang cukup jauh dari rumah aku. Makanya aku terbantu banget dengan adanya transportasi online yang memudahkan aku untuk pergi-pergi.
Anggaran transportasi aku untuk transportasi online ini juga cashless, lho. Salah satunya adalah menggunakan GoPay.

Pastinya kalian semua sudah familiar dengan GoPay, kan? GoPay adalah uang elektronik atau virtual wallet yang dapat digunakan untuk transaksi berbagai layanan Gojek. Jadi cuma buat transportasi online doang dong?
Nggak cuma untuk bayar transportasi online aja, GoPay sendiri sudah bekerja sama dengan banyak merchant dimana kamu bisa menggunakan GoPay untuk pembayarannya.



Gimana cara menggunakan GoPay? Kamu cukup scan code QR GoPay yang ada di kasir merchant atau scan struk code QR yang diberikan oleh kasir. Masukkan nominal jika diminta, dan untuk konfirmasi kamu tinggal memasukkan PIN GoPay pribadi kamu. Mudah kan?
Tersedia juga beberapa feature menarik di GoPay seperti history pembayaran, withdraw saldo GoPay ke akun bank, melakukan pembayaran berbagai macam bills seperti tagihan listrik dan BPJS Kesehatan, membeli pulsa, dan lain-lainnya.

Nah, seperti yang sudah aku tulis sebelumnya, biasanya aku menganggarkan sejumlah uang di GoPay aku untuk kebutuhan-kebutuhan seperti transportasi online dan pembayaran di merchant untuk mengatur cashflow aku.
Caranya juga mudah, cukup top-up Go Pay sejumlah yang kamu budget-kan. Gimana cara top up GoPay? Simak di infografis berikut ini ya!



Ada banyak pilihan cara untuk isi saldo GoPay, sebagai contoh aku paling sering menggunakan mobile banking untuk top up GoPay. Cukup masukkan nomer virtual account dan isi nominal yang dikehendaki. Biasanya aku menyimpan nomer virtual account ini di aplikasi mobile banking supaya nggak bolak-balik copy paste.
Gimana kalau nggak punya mobile banking? Kamu bisa melakukan top up di minimarket, Pegadaian, lewat ATM, dan bisa juga melalui driver Gojek. Untuk lebih jelasnya, pada aplikasi Gojek sudah tersedia informasi lengkap step-by-step cara isi saldo GoPay melalui berbagai cara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Gampang kan? 

Memang metode Cashless ini punya kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan metode konvensional. Kunci untuk keberhasilan mengatur keuangan dengan metode Cashless ini adalah self-control, yaitu dengan tidak mengeluarkan uang di luar jumlah yang sudah disepakati sebelumnya. Oleh karena itu, penting banget untuk membuat batasan-batasan dan mematuhinya. Supaya tidak keluar batas, siapkan juga dana darurat dalam jumlah tertentu yang hanya bisa dipakai pada keadaan darurat saja dan tidak mengambil dana dari pos lain.

Apa kamu punya juga metode khusus untuk mengatur keuangan? Share di kolom komentar ya!


You Might Also Like

2 komentar

  1. Saya juga jarang bawa cash banyak, selalu sedia dompet digital. Top up biasanya di DANA, Gopay atau OVO. Jadi mana aja yang lagi promo, ya hajar, hahahaha.. enaknya pakai dompet digital bisa dapetin cash back dan promo

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum..

    Salam ukwah dari saya untuk anda..

    Jom follow blog saya iya seo dan

    saya sudah follow blog anda #105

    Tinggalkan komen dan saya akan cuba membalas komen anda..

    Saya akan berusaha membalas kunjungan anda jika berkesempatan..

    Komen yang baik2 sahaja ye..

    Semoga ikatan ukhwah kita akan berterusan..

    Terima kasih sekali lagi..ya

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)