[BEAUTY TALKS] Skincare & Make Up Untuk Remaja - Pigeon Teens Facial Foam dan Two Way Cake

4:06:00 AM



Jaman sekarang skincare dan make up sudah masuk di semua kalangan, nggak terkecuali anak sekolahan atau remaja. Kalian masih ingat dengan berita yang viral beberapa waktu yang lalu tentang razia make up dan skincare di sekolah? Ada beberapa pendapat yang pro dan juga kontra sih, di kalangan mereka yang masih usia sekolahan mungkin razia ini lebay, tapi nggak sedikit juga kalangan temen aku yang berprofesi sebagai guru menyetujui kegiatan razia tersebut karena sekolah memang tempatnya belajar, bukan tempat dandan-dandan cantik.
Nah, kalau kalian pro apa kontra nih?

Aku sendiri dulu waktu jaman sekolah, SMP atau SMA (sekitar tahun 2005-2010) pakai skincare dan make up juga sih, tapi paling banter facial wash dan bedak doang. Ya memang dulu nggak segampang sekarang untuk mendapatkan produk kecantikan. Pilihan buat remaja juga terbatas banget, paling yang ada di supermarket doang, iya nggak sih? Beda sama sekarang yang gampang banget akses untuk mendapatkan produk kecantikan, sebut aja belanja online, toko-toko kosmetik yang menjamur di mall, terus pilihannya juga banyak dari brand lokal sampe brand luar yang terjangkau tuh banyaaaak banget.

three makeup brushes on top of compact powders
source: Unsplash

Kalau aku pribadi sih kurang setuju sama razia makeup dan skincare, soalnya itu kan masuk ke barang pribadi ya, kecuali emang ada peraturan tertulis yang jelas dari sekolah kalau memang nggak boleh bawa skincare dan make up. Terus mesti dilihat dulu konteksnya, kira-kira berlebihan nggak skincare dan make up yang dibawanya?
Kalau misalnya barang yang mereka bawa itu cuma sebatas parfum, bedak (yang ringan-ringan buat touch up), lip tint, sunscreen... ya itu acceptable lah.  Kan gak lucu juga ada siswa sekolahan yang ke sekolah bawa 10 step skincare routine sama bawa-bawa palet contour, highlight, eyeshadow gonjreng warna-warni... mau sekolah apa mau manggung, hahaha.

Aku pribadi sih menyarankan untuk kamu yang masih berusia sekolah untuk membatasi produk make up yang dipakai daily. Menurut aku bedak & lip tint/tinted lip balm aja udah cukup. Untuk skincarenya ya tentunya pasti produk cleanser seperti micellar water & facial wash, toner, moisturizer, dan sunscreen. Dah, itu aja cukup kok.
Nggak perlu maksain pake serum yang hype, ampoule hits dari Korea, atau acid-acidan yang memang lagi ngetren, karena belum tentu kulit kamu yang lagi dalam masa pubertas itu bakalan cocok dengan segala macam ingredients.
Setahu aku, di masa pubertas itu hormon kan belum stabil banget ya? Kasian aja kulit kamu kalau udah terpapar segala macam ingredients yang belum tentu cocok juga. Menurut aku tampil fresh dan segar aja udah cukup untuk sehari-hari.



Kali ini juga aku bakal kasih rekomendasi produk make up dan skincare untuk remaja, yaitu Pigeon Teens Facial Foam dan Pigeon Teens Two Way Cake. Pastinya kalian familiar dengan Pigeon dong, yang sebelumnya populer dengan produk perawatan bayi dan anak. Nah, Pigeon juga punya line produk khusus untuk usia remaja. Produknya seputar basic aja sih, untuk skincare ada facial wash dan moisturizer, lalu untuk make upnya ada loose powder, compact powder dan two way cake.
Kenapa aku merekomendasikan kedua produk ini untuk remaja? Yuk langsung baca aja mini reviewnya berikut.

Review Pigeon Teens Facial Foam

 

Produk ini tersedia dalam dua jenis kemasan, yaitu kemasan mini 40gr ini dan full sizenya yaitu 100ml. Packagingnya berupa tube standar dengan perpaduan warna baby blue dan putih. Pigeon Teens Facial Foam ini mengandung ekstrak Jojoba Oil dan Chamomile yang dapat menjaga kelembaban kulit serta melindungi kulit dari iritasi ringan. Klaimnya cocok untuk semua jenis kulit. Cara penggunaan, product knowledge, dan ingredient list tercetak di bagian belakang kemasan.

Ingredients - Purified Water, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Stearate, Glycerin, Phenoxyethanol, Methylparaben, Butylparaben, Ethylparaben, Propylparaben, Citric Acid, Ethoxydiglycol, Propylene Glycol, PEG-26 Jojoba Acid, PEG-26 Jojoba Alcohol, Butylene Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Trideceth-9, Glycol Distearate, Fragrance, Matricaria (Chamomilla Recutita) Extract, Tetrasodium EDTA.

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, Pigeon Teens Facial Foam ini lebih cocok untuk kulit kering karena adanya bahan-bahan yang melembabkan seperti Butylene Glycol, Glycerin, dan Propylene Glycol. Sedangkan untuk pemilik kulit sensitif, sabun wajah ini masih mengandung SLS dan Citric Acid sehingga perlu diperhatikan.



Tekstur dari produk ini cukup kental, seperti sabun cair pada umumnya. Wanginya enak, seperti wangi sabun bayi, Untuk kamu yang suka wangi-wangi mild & powdery pasti bakal suka wanginya Pigeon Teens Facial Foam.



Busa yang dihasilkannya juga tidak terlalu banyak, dan setelah pengaplikasian di wajah tidak membuat kulit wajah terasa kering. Akan lebih baik jika langsung menggunakan moisturizer setelahnya untuk melembabkan kulit wajah.

Review Pigeon Teens Two Way Cake

 

Produk ini dilengkapi dengan box, dengan product information yang cukup lengkap tertera di bagian belakang boxnya. Designnya mengambil konsep cute, dengan ilustrasi yang cute juga, sehingga cocok untuk target market mereka yaitu remaja. Warna yang dipilih adalah perpaduan pastel coral dan putih. Shade produk ini terdapat pada stiker yang ditempelkan di bagian dasar box. Pigeon Teens Two Way Cake punya tiga pilihan shade yaitu Innocent White (untuk fair skin dengan sedikit hint peach), Warm Beige (untuk neutral skin), dan Fair Yellow (untuk yellowish skin).

Ingredients - Magnesium Silicate, Methicone, Mica, Triethoxycaprylylsilane, PPG-3 Myristyl Ether, Zinc Oxide, Silicam Caprylic/Capric Triglyceride, Titanium Dioxide, Alumunium Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Squalane, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Glycine Soja Oil, Avocado Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Bisabolol, Phenoxyethanol, Isobornyl Acetate, Triticum Vulgare Bran Extract, Calendula Officinalis Flower Extract, Chamomilla Recutita Flower Extract, Fucus Vesiculosus Extract, BHT, Linoleic Acid, Tocopherol, Fragrance, Methylparaben, Propylparaben.

Menurut Skincarisma Ingredient Analyzer, Pigeon Teens Two Way Cake ini mengandung Soybean Oil & Avocado Oil yang kurang cocok untuk untuk kulit oily. Selain itu produk ini juga mengandung Alpha-Bisobolol yang memiliki brightening properties dan Tocopherol yang memiliki anti-aging properties.

 

Pada packagingnya nggak tercantum product information yang lengkap seperti di boxnya. Di dalamnya ada kompartemen terpisah untuk meletakkan spons bedak sehingga terjaga kehigienitasannya.. Designnya simple dan nggak ribet.





Berikut adalah hasil pemakaian dari Pigeon Teens Two Way Cake. Biasanya produk TWC memiliki coverage yang lebih baik dari compact powder biasa karena merupakan perpaduan antara foundation dan powder, akan tetapi Pigeon Teens Two Way Cake ini bisa dibilang coveragenya sheer to medium.
Produk ini bisa menutupi kemerahan dan noda-noda wajah yang ringan serta memberikan hasil matte tanpa kilap, tetapi untuk spider veins dan noda hitam masih belum bisa tercover dengan baik.
Tapi mengingat target market produk ini adalah remaja, produk ini sudah cukup sesuai untuk pemakaian harian yang tidak terlalu membutuhkan extra coverage.


Kedua produk ini bisa dibilang ringan banget di kulit. Untuk produk facial foam membersihkan dengan lembut, sedangkan two way cake-nya memberikan hasil yang natural dan nggak berlebihan, cocok untuk kulit remaja.
Harga kedua produk ini juga terjangkau dan bisa dengan mudah didapatkan di toko kosmetik ataupun supermarket.

Get to know more about Pigeon Teens Indonesia

Price:
Facial Foam - IDR13.000
Two Way Cake - IDR 53.200




This is a sponsored post. Pigeon Teens sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

You Might Also Like

2 komentar

  1. Pigeon emang cocok buat kulit remaja 😁

    ReplyDelete
  2. Akupun juga gak setuju sama razia skincare. Kalau makeup okelah, skincare kan beda cerita.Belum tau aja kalo urusan sama produk anti aging itu lebih nyebelin.


    Btw, itu bedak pigeon masih hits aja ya sampe sekarang.

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)